Monthly Archives: April 2009

12 Comments

Share This :

Inilah dia kue jadul (jaman dulu), namanya kue koya. Saat aku masih SD, kue model gini banyak sekali dijumpai di warung. Bentuknya dari dulu sampai sekarang ngga berubah tetep aja kayak gitu. Disaat orang-orang menuntut reformasi alias perubahan, kue ini kayaknya adem-adem aja nggak pengen berubah ^.^V

koya2 koya3

Kue koya. Rasanya manis. Berserbuk. Berbahan antara lain kacang hijau. yang khas dari koya adalah cara mengemasnya. Kue pipih bundar ini ditumpuk lima kemudian dibalut dengan kertas roti. Keunikan lain: dari kemasan sudah terasa aroma oriental alias Cina. Nggak nyangka kalo ternyata kue ini masih bisa didapatkan di toko-toko tertentu, bukan supermarket tentunya. Kue koya yang model ini dijual dalam 1 bungkus berisi 6 pak yang dalam tiap paknya ada 5 kue. Jadi jika ditotal, kita akan memakan sebanyak 30 kue hehehe. Rasanya gurih dan enak sekali. Makan 1 kurang, karena pasti ketagihan. Walaupun kuenya agak bikin seret ya, jadi harus sedia minum di samping klo nggak mau keselek.

Kue koya cocok dimakan sore hari disertai dengan kopi panas atau teh manis panas... Hmmm... menikmati memori masa kecil ditemani minuman hangat sambil makan kue koya... Orang-orang yang tak jauh beda umurnya denganku, pasti akan tenggelam dalam kenangan jaman dulu saat melihat kue ini. Kebanyakan pasti bilang "Lho, jajan cilikanku kok sek onok ae!" (lho,kue masa kecilku kok masih ada ya). atau "Weik, kok sik usum ae jajan iki!" (anjrit,kok masih ada aj kue ini)."

Itulah Kue koya, si Kue Jadul, Banyak kenangan tersimpan di dalamnya ^_^

15 Comments

Share This :

Malang yang saat ini identik dengan sebutan kota apel, kota mall, kota ruko, kota tempe, kota dingin, kota bunga, beberap minggu ini ditemui banyak bertebaran gerobak-gerobak maupun kedai-kedai kecil dengan tulisan "TAHWA". Tahwa mirip dengan ronde tapi bukan ronde, mirip skoteng tapi bukan skoteng. Tahwa adalah sejenis makanan yaitu kembang tahu yang di beri kuah jahe. Tahwa berbahan dasar tahu yang sangat lembut, lalu disiram kuah jahe manis yang hangat dan ditaburi campuran kacang tanah.  Nikmat sekali dimakan, apalagi saat musim yang tidak menentu saat ini, kadang hujan kadang mendung kadang panas. Tapi udara malang yang sejuk membuat makanan ini tetep bisa dinikmati walau siang hari. Dan sangat mantap dimakan saat hujan. Yang jelas maemnya harus pas panas panas, kalo dingin kurang enak.

tahwa1 tahwa2

Bahan baku makanan ini cukup simpel yaitu kedelai yang diolah menjadi tahu halus,  gula merah, jahe dan kacang tanah untuk menambah rasa. Harga makanan ini tidak terlalu mahal, penjual tahwa rata-rata mematok harga antara 2000 - 3500 rupiah saja. Selain itu, saat ini jenis makanan ini banyak bertebaran di Malang, jadi untuk mendapatkannya tidaklah terlalu susah. Mungkin saat ini tahwa menjadi makanan khas Malang. Mau mencoba?

tambahan: Recommended place 4 tahwa
1. Di belakang Ramayana
2. Di sebelah Hotel dekat Poltekes
3. Di depan riverside

16 Comments

Share This :

Happy B'day to me,,,

Wah, gak terasa udah berumur sekian tahun, ku merasa hidupku makin seru aj.
Namun apalah artinya usia yang bertambah makin senja ini, jika tidak di isi hal yang bermanfaat...

Sebodoh-bodoh manusia adalah diberi modal dan modalnya untuk sia-sia
Sebodoh-bodoh manusia adalah diberi usia namun usianya untuk sia-sia.

Moga aku bukan termasuk manusia yang bodoh,,,