Monthly Archives: December 2013

1 Comment

Share This :

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang semarang trip, yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Maka pembahasan selanjutnya adalah tentang Vihara Buddhagaya Watugong Semarang. Vihara ini terasa sejuk, karena berada di Dataran Tinggi.

Buddhagaya Watugong
Buddhagaya Watugong

(WHERE) Dimana Letaknya?

Terletak di daerah Watugong Jl. Semarang - Yogyakarta. Tempatnya persis di depan Makodam IV/Diponegoro Semarang. Sekitar 45 menit dari pusat kota Semarang.
GPS: -7.087478,110.409122

Pagoda Avalokitesvara
Pagoda Avalokitesvara

(WHAT) Ada apa disana?

1. Pagoda
Disini terdapat sebuah pagoda yang katanya sampai 2013 ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini bernama Pagoda Avalokitesvara yang berbentuk segidelapan (hexagonal) dan mempunyai tujuh tingkat serta di penuhi dengan patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) dari tingkatan kedua hingga keenamnya. Namun sedikitnya 20 patung Kwan Im dipasang di Pagoda tersebut. Pemasangan Dewi Welas Asih ini disesuaikan dengan arah mata angin. Hal ini dimaksudkan, agar Dewi yang selalu menebarkan cinta kasih tersebut bisa menjaga Kota Semarang dari segala arah.

Teratai Ungu
Teratai Ungu Depan Pagoda

2. Patung Siddhartha Gautama
Selain pagoda, di kawasan Vihara ini ada pula patung Siddhartha Gautama dengan berwarna keemasan yang sedang bersemedi di bawah pohon Bodhi. Pohon Bodhi ini merupakan hasil cangkokan dari Bodhgaya India dan ditanam oleh YM Narada. Patung ini terletak di sebelah kanan setelah tangga masuk.

Patung Shiddarta Gautama
Shiddarta Gautama

3. Patung Dewi Kwan Im
Di sini banyak terdapat patung Dewi Kwan Im, ya namanya juga avalokitesvara. Kalau menurut wikipedia, pengertian Avalokitesvara Bodhisatva dalam bahasa Sanskerta adalah:

  • "Avalokita" (Kwan / Guan / Kwan Si / Guan Shi) yang bermakna Melihat ke Bawah atau Mendengarkan ke Bawah (“Bawah” disini bermakna ke dunia, yang merupakan suatu alam (Sanskerta:lokita)).
  • Kata "Isvara" (Im / Yin), berarti suara (suara jeritan mahluk atas penderitaan yang mereka alami)
Kwan Sie Im Po Sat
Kwan Sie Im Po Sat

Patung Kwan Sie Im Po Sat yang besar diatas, terletak di dalam pagoda. Disanalah tempat umat budha bersembahyang. Banyak dupa dan lilin yang di bakar di sekitar patung ini. Aroma dupa dan hio sangat terasa disini. Saya sih lebih suka aroma ini daripada aroma kemenyan :malu: Selain patung Dewi Kwan Im diatas, sebelum memasuki pagoda ini juga terdapat patung Dewi Kwan Im yang beralaskan ubin berbentuk daun teratai.

*Eksternal Pic : Patung Sidarta Gautama (Suandi A), Patung Kwan Sie Im Po Sat (Tesalonika)

2 Comments

Share This :

Di suatu pagi yang cerah, saat berkunjung ke semarang beberapa waktu yang lalu. Saya dan dua orang teman menyempatkan diri berjalan-jalan menikmati kota semarang. Dan akhirnya berhentilah di dua tempat. Yaitu Klenteng Sam Poo Kong dan Pagoda Avalokitesvara. Menurut saya, cuaca semarang kurang cocok buat jalan-jalan. Karena udaranya hot alias panas. Maklumlah dekat dengan laut. Karena itu disarankan jangan terlalu siang jika ingin berkeliling. Tulisan semarang trip saya bagi menjadi dua. Pada tulisan ini akan membahas tentang Sam Poo Kong, sedangkan tulisan berikutnya adalah tentang Pagoda Avalokitesvara.

Klenteng Sam Poo Kong atau bisa disebut dengan klenteng Gedong Batu. Saat melihat gerbang klenteng ini, saya jadi ingat klenteng yang ada di Pulau Kemaro (Palembang). Karena diatas gerbang nya ada dua ekor patung naga. Mungkin standard klenteng memang seperti itu. Entahlah... :confused: Klenteng ini didominasi dengan warna merah dan kuning emas, ciri khas sebuah kebudayaan china.

Gerbang Sam Poo Kong
Gerbang Sam Poo Kong

(WHERE) Dimana Letaknya?

Sam Poo Kong terletak di daerah Gedong Batu Simongan, yaitu Jl. Simongan Raya Semarang. Sebelah barat daya kota Semarang. Dari kota bisa naik angkot, motor, mobil pribadi maupun taxi.

(WHAT) Ada apa disana?

Komplek klenteng Sam Poo Kong memiliki dua bagian, yaitu bagian luar (plasa utama) dan bagian dalam (areal peribadatan). Kebanyakan wisatawan hanya sampai di bagian luar saja. Di bagian luar terdapat banyak patung dan bangunan untuk berfoto.

BAGIAN LUAR

Salah satu patung yang berada di bagian luar adalah patung Laksamana Cheng Ho. Saya baru tahu kalau Klenteng Sam Poo Kong adalah bekas tempat singgah (petilasan) Laksamana Cheng Ho. Hal ini saya ketahui saat melihat di dalam klenteng terdapat patung Laksamana Cheng Ho / Laksamana Zheng He setinggi 10,7m. Beliau adalah seorang pelaut muslim. Di Jawa Timur terdapat Masjid yang benama Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid itu memiliki arsitektur akulturasi antara kebudayaan Tiong Hoa dan nuansa Islam.

Patung Laksamana Cheng Ho / Zheng He
Patung Laksamana Cheng Ho / Zheng He

Mungkin karena itu juga, makanya di kompleks klenteng terdapat mushola. Agak terkejut juga saya dengan adanya mushola di dalam areal klenteng. Memang bukan di areal peribadatan sih, melainkan areal pariwisatanya (bagian luar). Namun tetep saja luar biasa menurut saya :iloveindonesias

Mushola di Sam Poo Kong
Mushola di Sam Poo Kong

Selain patung Laksamana Cheng Hoo, pada bagian luar juga terdapat patung singa, patung-patung pengawal cheng Ho dan toko suvenir. Patung singa ini disebut Singa Kilin. Seperti pada klenteng pada umumnya, patung singa kilin selalu ada sepasang. Jantan dan betina.

Patung Singa Kilin Betina
Patung Singa Kilin Betina
Patung Tentara
Patung Tentara

Di toko suvenir ini selain menjual berbagai cinderamata juga menjual kertas dan hio serta menyewakan busana adat China. Kalau mau merasakan sensasi china maka bisa menyewa busana adat tersebut dan foto-foto di areal klenteng. Serasa di negeri tirai bambu deh :wowcantik :p

Toko Souvenir
Toko Souvenir & Sewa Kostum

BAGIAN DALAM

Areal bagian dalam merupakan bangunan inti dari kelenteng ini. Bagian ini banyak di masuki oleh pengunjung yang ingin berdoa atau ciamsi. Ritual ciamsi adalah ritual untuk meramal nasib seseorang yang dilakukan oleh seorang biokong. Disini terdiri dari beberapa bangunan, diantaranya adalah Klenteng Dewa Bumi, Kuil Kyai Juru Mudi, dan Klenteng Sam Poo Kong.

Salah Satu Bangunan Klenteng
Klenteng Dewa Bumi

Yang paling bagus tentu saja bangunan Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng ini paling besar daripada klenteng yang lainnya. Atapnya pun terdiri dari 3 lapisan (gambar klenteng sam poo kong - bawah). Sedangkan yang lainnya hanya 2 lapis (gambar klenteng dewa bumi - atas). Karena klenteng sam poo kong merupakan pusat atau tempat utama dari tempat pemujaan yang ada di sini.

Kuil Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong

Di bagian dalam / area peribadatan, banyak yang bisa di eksplore. Cuma sayangnya saya tidak memiliki fotonya. Jadi tidak banyak yang bisa di tulis.  :( Jika anda ke klenteng ini, jangan sampai tidak masuk ke bagian dalam. Karena banyak nilai historis dan budaya yang sangat menarik. :travel

(TARIFF) Barapa Biayanya?

Untuk masuk ke dalam klenteng pengunjung yang datang bukan untuk beribadah diharuskan membeli tiket dulu. Cukup Rp 3.000,- dan uang parkir Rp 1.000,- dibayar langsung di loket. Pintu masuk menuju kompleks klenteng untuk pengunjung dan yang ingin beribadah dibedakan, namun masih berdekatan.

Untuk memasuki bangunan inti (Bagian Dalam) dari tempat ibadah yang sudah mulai menjadi tempat wisata ini, pengunjung harus membeli tiket lagi sebesar Rp 20.000,- karena di dalamnya digunakan sebagai tempat ziarah dan napak tilas perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Namun bagi pemeluk agama konghucu yang ingin beribadah di tempat ini tidak di tarik biaya alias gratis.

 

Daftar Pusataka :
- Muhammad Hamdun (Klenteng Sam Poo Kong)
- Indra Prawira Negara (Jalan Jalan ke Semarang (Part 3) : Kelenteng Sam Poo Kong : Antara Toleransi dalam Harmoni)

Eksternal Pic : Toko Souvenir, Patung Tentara (Ardiyantaa)

12 Comments

Share This :

Doni memandangi langit-langit kamarnya. Bibirnya tak bisa berhenti tersenyum dan tertawa. Sebentar tertawa kemudian tersenyum. Berbaring kekiri, pindah ke atas, berbaring kekanan, lalu pindah lagi keatas. Kalau tempat tidurnya selebar lapangan, mungkin dia akan berguling-guling sambil tertawa mirip orang gila. Ternyata pemuda ini sedang bahagia, dan rupanya bahagia itu beda tipis dengan gila.

Dia tidak sabar menunggu pagi tiba. Pikirannya sudah melayang-layang membayangkan apa yang akan di lakukannya besok. Besok adalah hari yang telah lama ditunggu. Bagi sebagian orang mungkin hal ini sederhana, namun bagi doni ini sangat membahagian. Ayahnya akan membelikan sebuah sepeda motor. Setelah perjuangan dan kerja keras, akhirnya doni mendapatkan impiannya.

Pak Jun adalah sosok ayah yang sangat di kagumi dan di idolakan oleh doni. Beliau adalah ayah yang tidak akan mengabulkan keinginan anaknya dengan mudah. Bukan berarti tidak sayang, tapi Pak Jun ingin memberi sebuah pelajaran terhadap anaknya bahwa kalau mau mendapatkan sesuatu yang di inginkan, maka harus ditempuh dengan perjuangan.

Hidup ini butuh perjuangan, semua butuh pengorbanan, jika ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan - AgnezMo

Seperti saat ini misalnya, untuk mendapatkan sebuah sepeda motor maka Pak Jun tidak begitu saja mengabulkan permintaan doni. Kalau mau, pak jun bisa saja dengan mudah membelikannya saat itu juga. Tapi itu tidak dilakukannya. Beliau ingin melihat dan menguji sejauh mana doni akan berjuang untuk mendapatkannya.

Saat itu Pak Jun dan doni sedang menonton siaran langsung MotoGP, ditemani dengan kopi dan gorengan hangat buatan Ibu Jun. Siaran langsung MotoGP pun selesai dengan kemenangan oleh Marc Márquez. Lalu muncullah iklan sebuah sepeda motor dari Honda.

"Wah, kayaknya kalau punya sepeda motor enak ya pa?" doni mulai menyeletuk

"Apa enaknya?" pak jun menimpali

"Ya kan bisa kemana-mana gitu pa. Lebih irit, lebih ramping, jadi gak kena macet."

Pak jun diam sebentar sambil menikmati kopi dan hidangan pisang goreng buatan istrinya. Srupuut... nikmat sekali rasanya kopi sore itu.

"Kamu mau?"

"Ya jelas mau donk" jawabnya mantab. Bagaikan menerima umpan lambung yang matang, doni memberikan tendangan terbaiknya untuk menembus gawang lawan.

"Oke, tapi ada syaratnya." pak jun kembali memancing doni.

"Siapa takut. Perjanjian antar lelaki ya pa" Doni menerima tantangan ayahnya sambil tersenyum cerah. Tatapan matanya memancarkan kegembiraan.

"Apa syaratnya pa?"

"Hmmmm.... sebentar papa pikir dulu." sambiil menutup mata dan meluruskan tubuhnya.

Doni hanya bengong mengamati sambil tak sabar menunggu persyaratan dari ayahnya. Di dalam hati ia berdoa agar ayahnya kehilangan ide untuk memberikan syarat yang berat. Tapi sepertinya Tuhan tidak berkenan mengabulkan doa doni.

"Syarat pertama..." bersamaan dengan Pak Jun membuka mata, beliau langsung berbicara dengan tegas.

"Kamu harus punya SIM dulu. Syarat Kedua kamu harus mendapatkan nilai tertinggi di akhir semester. Syarat ketiga..."

Pak jun sengaja diam agak lama, doni hanya diam menunggu. Tapi dia sudah membayangkan apa yang akan dilakukannya untuk memenuhi syarat satu dan syarat dua. Syarat pertama tidak ada masalah, itu adalah hal gampang. Dia tinggal mengajak temannya yang sudah mempunyai SIM untuk menemani dan memberikan bocoran test apa saja yang akan dilakukan untuk mendapatkan SIM. Syarat kedua juga pasti bisa dilalui nya. Doni merupakan anak yang cerdas. Teman-teman nya selalu minta bantuan doni jika ada tugas-tugas yang rumit. Dia selalu jadi rujukan jika menyangkut pelajaran. Namun syarat ketiga ini....... Dia belum ada bayangan, apa yang akan di katakan oleh ayahnya. Sepertinya berat.

"Syarat ketiga... kali ini papa agak ekstrim. Papa ingin kamu mempresentasikan, merk apa yang kamu inginkan, tipe motor apa, jenisnya, kenapa kamu menginginkan motor ini, keunggulannya apa?"

"Waw... syaratnya ngeri amat pa. Kayak presentasi pengajuan dana aja" Doni tampak mengernyitkan dahi sambil menggaruk-garukkan kepalanya yang sebenarnya tidak gatal itu.

"Bagaimana? Berani menerima tantangan?" Pak Jun kembali bertanya kepada doni meminta ketegasannya.

"Oke pa! siapa takut. Deal!" Doni mengulurkan tangannya mengajak ayahnya bersalaman, tanda persetujuan diantara dua lelaki.

"Deal!" Pak Jun menjabat tangan doni, dan tanpa instruksi keduanya pun tertawa bersamaan. Ibu Jun yang sedari tadi menguping pembicaraan suami dan anaknya itu hanya geleng-geleng kepala dan tersenyum.

Kejadian itu sudah sudah tiga bulan yang lalu, sambil menerawang menatap dinding kamarnya. Doni hanya tertawa geli mengingatnya. Dia sudah memenuhi syarat satu dan syarat dua yang diminta oleh ayahnya. Syarat ketiga baru terpenuhi 3 hari yang lalu. Setelah melakukan presentasi di depan ayahnya. Akhirnya dipiihlah Honda CB150R Streetfire. Bukan masalah mudah bagi doni untuk mempertahankan pilihannya itu, karena Pak Jun benar-benar menguji pengetahuan Doni tentang CB150R Streetfire ini. Namun Doni telah mempersiapkan segalanya dengan matang. Dia melakukan pencarian di search engine, youtube, mencari brosur, mendatangi pameran motor, membaca tabloid motor dan entah sudah berapa blog dan website yang ia baca untuk mendapatkan informasi.

Dua minggu yang lalu dia masih bingung mau motor jenis apa. Namun yang pasti, Doni memilih merk HONDA. Entah kenapa doni begitu menyukai merk yang mempunyai tagline 'ONE HEART' atau 'SATU HATI' itu. Bahkan di dinding kamarnya terdapat poster besar Dani Pedrosa sedang berdiri di samping motornya. Pembalap idolanya yang berada pada Repsol Honda Team. Bahkan dua hari yang lalu dia memasang poster baru Marc Marquez.

marc-marquez-and-dani-pedrosa

Setelah melalui research yang matang, akhirnya doni mantab memutuskan untuk memilih CB150R Streetfire. Doni membaca di salah satu blog bahwa Honda mengeluarkan motor baru dan ditunjukkan pertama kali pada ajang Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 tanggal 31 Oktober 2012. Ia tertarik karena tagline nya yang eye catching 'Motor Canggih, Irit dan Advance'. Membaca tagline itu doni berpikir bahwa inilah motor yang ia cari, dengan mantab ia pun memilih CB150R Streetfire. Dan puncaknya adalah tiga hari yang lalu, saat doni presentasi di depan ayahnya.

"Pa, aku sudah memutuskan untuk memilih Honda CB150R Streetfire"

"Apa alasannya?"

"Honda CB150R Streetfire merupakan bintang baru motor sport yang memadukan desain gaya terbaru, performa tertinggi di kelasnya serta memiliki berbagai fitur canggih hasil inovasi teknologi terkini. Motor ini merupakan tunggangan favorit bagi yang merasa tertantang nyalinya untuk membangkitkan adrenalin petualang dalam jiwanya"

logo_cb150r-01

"Bisa cepat gak? Jangan-jangan performanya jelek nih"

"Weits.... Tunggu dulu, coba lihat ini. Honda CB150R StreetFire diperlengkapi mesin 150cc, 6 speed, dan DOHC yang sanggup mengoptimalkan tenaga 12,5 kW (17,00 PS)/10.000 rpm dan torsi maksimum 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/8.000 RPM. Kecepatan maksimal mencapai 122 km/jam, dengan akselerasi 0-200 meter ditebus dalam waktu 10,6 detik.

Mesin_CB150R
Dengan menggunakan mesin tersebut akan menghasilkan performa berlimpah di setiap kondisi perjalanan,
Teknologi 4-valve membuat proses kerja mesin menjadi lebih presisi, khususnya pada putaran tinggi sehingga pembakaran lebih sempurna, suara mesin lebih halus dan performa lebih baik. Gimana tuh pa, manteb kan?"

Engine_CB150R

"Wah, kalau cepat seperti itu bagaimana dengan aspek keselamatan dan keamanannya?"

"Jangan kuatir pa, CB150R Streetfire memiliki Rem cakram depan dan belakang. Jadi menghasilkan tenaga pengereman yang sangat memadai untuk semua kondisi perjalanan. Pokoknya meningkatkan aspek keselamatan."

cakram_CB150R
"Velg racing palang enam berpola bintang dengan penampang palang berbentuk U yang lebih tebal (lebih rigit, solid dan stabil). Jadi tampil sporti sekaligus lebih aman dan praktis. Bannya juga sudah tubeless. Untuk keamanan, CB150R Streetfire dilengkapi pengaman kunci bermagnet." Doni kembali menjelaskan.

velg_ban_CB150R

"Keren juga nih motor don, cepat dan aman. Tapi tunggu dulu, jangan-jangan nanti motornya berat, terus kalau di jalan berlubang gitu goncangannya kasar. Bisa jatuh ntar."

"Oh, itu sih sudah dipikirin sama profesor-profesor yang ada di honda pa. hehehe. Hal ini telah di design sedemikian rupa pada bagian Rangka dan Suspension. Honda CB150R Streetfire menggunakan desain baru rangka tipe Truss Frame/Trellis yang inovatif, dirancang khusus untuk menunjang mesin dan memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link yang mampu mengurangi getaran mesin secara optimal sehingga menghasilkan kestabilan, kelincahan serta kenyamanan selama berkendara"

Rangka_CB150R

"Dengan menggunakan sistem suspensi Pro-Link layaknya CBR 250R memungkinkan guncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut melalui mekanisme kerja yang lebih progresif dan memiliki kemampuan tinggi dalam menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan. Jadi, kalau sedang berkendara di jalan dengan aspal yang tidak mulus mulus atau di jalan berlubang tentu fitur ini akan menjadi pertimbangan utama. Begitu pa..."

pro-link-cbr

suspension_cb150r

"Kalau nanti BBM nya boros papa nggak mau lho" Pak Jun menimpali. Dan diskusi ini pun berlangsung makin seru. Karena ternyata doni sangat paham dengan motor ini. Pak Jun heran juga dengan doni yang mampu menguasai seluk beluk CB150R Streetfire.

"Walaupun motor sport, tetapi CB150R Streetfire menggunakan Teknologi PGM-FI, sehingga bahan bakar lebih ekonomis dan mengurangi tingkat pencemaran / polusi udara. Jadi selain irit juga ramah lingkungan pa."

BBM_CB150R

"Oke, fitur-fiturnya top benget ini. Papa pengen tahu warnanya apa aja?"

"Kalau untuk warna, saat ini CB150R Streetfire ada 4 pilihan warna yang keren, yaitu: Astro Black, Speedy White, Furious Red, dan Lightning White. Dengan berbagai keunggulan dan adanya bermacam warna yang memikat tersebut. Tentu akan mudah dalam memilihnya. Kalau doni mau yang warna merah pa. Hahaha..."

cb150r-streetfire

"Sepertinya ini menjadi motor yang akan selalu di hati ya?"

"Pastinya pa... Motor Canggih, Irit Dan Advance"

"Jadi gimana pa?"

"Apanya yang gimana?"

"Boleh nggak?"

"Setelah mengetahui spesifikasi rangka, mesin dan keunggulan dari CB150R StreetFire ini menurut papa ini adalah motor yang istimewa. Benar- benar Motor Canggih, Irit dan Advance. Oke, hari minggu kita ke dealer"

"Horeeee...."

Pak jun dan bu jun hanya tertawa saja melihat anak mereka gembira karena akan mendapatkan motor impiannya. Doni pun puas, kerja kerasnya membuahkan hasil.

Orang yang ingin bergembira harus menyukai kelelahan akibat bekerja - Plato

"Terima Kasih pa, Terima kasih ma" Doni berbisik lirih atas kebaikan orang tuanya. Dan dia pun tertidur, berharap hari ini cepat berlalu agar besok bisa segera ke dealer. Dia sudah tidak sabar untuk mengendarai motor idamannya yang Canggih, Irit Dan Advance. CB150R Streetfire.

-TAMAT-



Daftar Pustaka :
- Bengkel Sepeda Motor
- Honda Indonesia
- KASKUS
- Moto Malaya
- Rider TUa

Share This :

Disclaimer : Tulisan ini hanyalah tulisan iseng, bisa benar bisa juga salah. Tulisan ini memandang dari sudut pandang syari'at dan science, bukan dari sudut pandang hakikat dan makrifat. Wallahu a'lam bisshowab.

Yang menjadi dasar penulisan ini adalah persamaan antara gaya lorentz, tawaf dan tari sufi/sema, yaitu arah perputarannya yang berlawanan dengan arah jarum jam atau disebut Anticlockwise / Counterclockwise. Jika perputaran itu dianggap sebuah energi yang bergerak counterclockwise, maka akan menghasilkan energi yang arahnya ke atas.

Putarputar

TAWAF

Tawaf adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan cara mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali. Tawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad dengan menjadikan Ka'bah disebelah kiri.

gerak_tawaf

Setiap melewati Hajar Aswad, di sunnahkan untuk menciumnya sambil bertakbir "BISMILLAHI ALLOHU AKBAR" jika tidak bisa (terlalu penuh orang yang tawaf) maka cukup mengacungkan tangan dan bertakbir "BISMILLAHI ALLOHU AKBAR"

TARI SUFI / SEMA / WHIRLING

Whirling atau Tari Sema atau tari sufi merupakan tarian yang dipopulerkan oleh Maulana Jalaludin Rumi. Putaran tubuh adalah tiruan alam raya, seperti planet-planet yang berputar. Saya pernah meyaksikan tarian ini, saat sedang melantunkan sholawat bersama-sama, seorang Darwis meminta izin kepada Maulana Syeikh untuk 'berputar' dan Maulana Syeikh pun memberi izin. Kemudian ia pun menari dengan iringan sholawat, saya heran kenapa dia tidak pusing padahal itu cukup lama.

522891247477445

Saya ingat waktu itu Maulana Syeikh pernah menjelaskan tentang asal mula tarian ini. Walaupun dipopulerkan oleh Maulana Syeikh Jalaludin Rumi, namun yang pertama kali melakukannya adalah Sayyidina Abu Bakar As Shiddiq. Ceritanya adalah Pada suatu hari saat Sayyidina Rasulullah SAW khobah Jum'at, datanglah seorang Baduy Arab seraya bertanya kepada Sayyidina Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah SAW, kapankah kiamat itu datang?”. Sayyidina Rasulullah SAW tidak menjawab, Beliau hanya diam. Baduy Arab itu terus bertanya sampai 3 kali hingga Sayyidina Jibril a.s datang menghadap Sayyidina Rasulullah SAW dan berkata, “Tanyakanlah padanya apakah bekal yang dia bawa untuk menyambut hari kiamat itu?”. Lalu Sayyidina Rasulullah SAW menyampaikannya dan orang Baduy Arab itu menjawab, “Bukankah aku memiliki Cinta kepadaMu Ya Rasulullah SAW.” Dan Sayyidina Rasulullah berkata, “Cukuplah itu membuatmu berdekatan dengan orang yang kau cintai seperti dua jari yang berdekatan.” Dan seketika itu juga orang Baduy Arab itu pergi tanpa mengikuti sholat jum'at. Saat mendengar percakapan itu, Abu Bakar Shiddiq RA yang selama ini risau akan pertanyaan yang sama, bertanya kepada Sayyidina Rasulullah SAW, “Ya Sayyidina Rasulullah SAW, apakah cukup hanya dengan Cinta?”. Kemudian Sayyidina Rasulullah SAW menjawab, “Syarat yang utama adalah Cinta!”. Mendengar jawaban itu, hati Sayyidina Abu Bakar Shiddiq ra sangat gembira, begitu bahagia hingga ia mulai berputar dengan jubahnya. Gerakan memutar inilah yang kemudian dikembangkan oleh Maulana Jalaluddin Rumi menjadi Whirling Dervishes.

Seperti gelombang di atas putaran kepalaku,
maka dalam tarian suci Kau dan aku pun berputar
Menarilah, Oh Pujaan Hati,
jadilah lingkaran putaran
Terbakarlah dalam nyala api-bukan dalam nyala lilin-Nya

Rumi

GAYA LORENTZ

Gaya Lorentz adalah gaya yang ditimbulkan oleh muatan listrik yang bergerak atau oleh arus listrik yang berada dalam suatu medan magnet. Arah gaya lorentz ditentukan dengan kaidah tangan kanan. Ibu jari adalah F (arah gaya lorentz), dan telunjuk adalah V (arah kecepatan muatan), sedangkan jari tengah adalah B (arah medan magnet). Maka jika B bergerak berlawanan dengan arah jarum jam (counterclockwise) maka akan menghasilkan Energi (F) keatas.

gaya-MEDANMAGNET

HUBUNGAN GAYA LORENTZ, TAWAF DAN TARI SUFI (SEMA/WHIRLING)

Seperti telah disebutkan diatas bahwa perputaran yang terjadi saat melakukan tawaf maupun tari sufi akan menghasilkan energi.

Back Camera

Sesuai dengan arah gaya Lorentz dengan menggunakan kaidah tangan kanan, bahwa putaran energi kalau bergerak berlawanan dengan arah jarum jam, maka arah energi akan naik ke atas akan naik ke atas.

energi_tawaf

Mungkin inilah alasan, mengapa Islam memiliki satu titik arah yang bernama kiblat dalam melaksanakan ibadah sholat. Bisa jadi agar energinya terkumpul ke arah yang sama, yaitu ka'bah. Energi sholat dari berbagai belahan dunia terkumpul, terakumulasi, berlapis dan bertumpuk. Kemudian energi itu akan diputar dengan generator orang-orang yang bertawaf yang berputar secara berlawanan arah jarum jam. Dan hasilnya kumpulan energi tadi arahnya akan ke atas MENUJU LANGIT. Jadi Sedikit terjawab bahwa energi itu tidak berhenti di Kabah namun semuanya naik ke Langit. Sebagai satu cerobong yang di mulai dari Kabah. Menuju Langit mana atau koordinat mana itu masih belum nyampe pikiran saya. Yang jelas pasti Tuhan telah membuat saluran agar solat dan doa dalam bentuk energi tadi agar sampai Ke Hadirat Nya. Jadi selama 24 Jam sehari terpancar cerobong Energi yang terfokus naik ke atas Langit.

whirling-dervish

Bisa jadi demikian pula yang terjadi pada tari sema. Sema adalah tarian yang harus di lakukan dengan cinta, sesuai dengan asal muasalnya. Menyampaikan energi cinta ke atas langit.

Sebenarnya Tari Sufi/Shema bukanlah Tari, sebab ini adalah miniatur dari gerakan seluruh benda dialam ini : bulan, bumi, bintang bahkan yang terkecil yaitu Neutron & Proton pun terus berputar. Tawafpun berputar bahkan sholatpun dalam 1 raka'at membentuk 1 lingkaran /putaran, berdiri 180 derajat, rukuk 90 derajat , sujud 45 derajat (2x)= 90 derajat, jd dalam 1 raka'at membentuk sudut lingkaran 360 derajat.

Gerakan awal sema dimana penari menahan tangannya menyilang adalah simbol dari kesaksian Tuhan Yang Maha Esa. Dialah dzat yang memulai segala sesuatunya di langit dan bumi ini. Sementara, ketika berputar, tangan kanan yang mengarah ke atas (langit) adalah pertanda si penari siap menerima energi enlightment (pencerahan) dari Sang Pencipta. Sedang, tangan kiri yang menjuntai ke bawah merupakan simbol penyebaran energi positif sekaligus menyerap energi negatif dari dan ke setiap hati manusia yang berada disekeliling penari. Inilah jalan spiritual Tuhan memberikan nur dan hidayah-Nya kepada setiap hati manusia dalam tari spiritual sema.

Di alam Makro kosmos Setiap gerakan berputar akan menghasilkan energi, elektron punya energi karena ia berputar, demikian juga dengan bumi, bulan, matahari, planet, bintang. Yang unik dari gerakan berputar berlawanan arah jarum jam benda-benda tersebut menjaga dan memberikan keseimbangan terhadap benda lainnya disekitarnya. Begitu juga yang terjadi pada sa'at darwis melakukan tarian sufi, dia menghasilkan energi positif dan menyeimbangkan ketimpangan energi ditempat yang ia gunakan untuk menari, sehingga energi negatif yang berkuasa akan menjadi netral/seimbang.

Dengan berputarnya tubuh yang berlawanan dengan arah jarum jam, para penari merangkul kemanusiaan dengan cinta. Manusia diciptakan dengan Cinta untuk mencinta. “Semua cinta adalah jembatan menuju Cinta. Siapa saja yang tak merasakannya tak akan tahu,” demikian kata Rumi.

 

Daftar Pusataka :

- Geophysics and Islam (Kabba)

- Panduan Umroh (Syarat dan Sunnah Tawaf)

- Scientific American (Why There’s No Such Thing as North and South)

- Blogger Pendidikan (Kaidah Tangan Kanan)

- The Way Of Love Rumi (Whirling Dervishes)

- Tari Sufi Jepara (Facebook Fans Page)

- Hidup Adalah Pilihan (Tarian Spiritual “WHIRLING DERVISHES” Menurut Jalaludi Rumi)